Skip to main content

Sejarah singkat lahirnya gerakan pramuka


  • Tahun 1960, gerakan pramuka mulai dirintis dengan terbitnya ketetapan MPRS No. II/MPRS/1960 tanggal 3 desember 1960, tentang Rencana Pembangunan Nasional Semester Berencana.
  • Dalam ketatapan ini, pasal 330 C, menyatakan bahwa dasar pendidikan dibidang Kepanduan adalah Pancasila. Pasal 349 ayat 30; Pendidikan kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka.
  • 9 maret 1961, presiden/mandataris MPRS mengumpulkan tokoh-tokoh dan pimpinan kepanduan Indonesia di istana Negara. Presiden menyatakan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikan harus diganti, seluruh organisasi sebagai "Hari Tunas Pramuka".

    Baca: Panduan belajar anak islam suka membaca
  • 5 April 1961, terbit Keputusan Presiden RI No.112 tahun 1961 tentang Panitia Pembantu Pelaksanaan Pembentukan Gerakan Pramuka. Kemudian terbit lagi Keputusan Presiden No. 121/1961 tertanggal 11 April 1961, tentang Panitia Pembentukan Gerakan Pramuka, yang beranggotakan: sri sultan hamengku buwono ix, Prof Prijono, Prof Prijono (Menteri P dan K), DR.Azis saleh (menteri pertanian), Achmadi (menteri transmigrasi, koperasi dan pembangunan masyrakat desa) dan Muljadi Djojo Martono (menteri sosial).
  • 20 Mei 1961, Keputusan Presiden No. 238/1961, tentang Gerakan Pramuka adalah satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda indonsia. Saat itu pula disahkan Anggaran Dasar Pramuka. Bagi Pramuka tanggal 20 Mei merupakan tanggal sejarah dan memiliki makna khusus yang disebut "Hari Permulaan Tahun kerja".
  • 30  juli 1961, wakil-wakil organisasi kepanduan di indonesia dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka, dilakukan di istora Senayan Jakarta. Peristiwa ini kemudian disebut "Hari Ikrar Gerakan Pramuka".
  • 14 Agustus 1961, di halaman istana Negara dilaksanakan pelantikan MAPINAS, KWARNAS dan KWARNARI, serta Defile Pramuka dan penganugerahan Panji-panji Gerakan Pramuka. Peritiwa ini dicanangkan sebagai "Hari Pramuka".

Riwayat hidup Baden Powell


Sejarah mengatakan Baden Powell Lahir tanggal 22 Pebruari 1857 diberi nama Robert Stephenson Smyth. Seorang Professor Geometry di Universitas Oxford adalah ayahnya, yang meninggal ketika Stephenson masih kecil.

Sepanjang hidup Baden Powell yang sangat berpengaruh pada kegiatan kepramukaan banyak diantaranya :

a.  Baden Powell dibesarkan oleh ibunya karena bapaknya telah meninggak sejak kecil sehingga mendapatkan watak ibunya.

b. Sering mendapat latihan bersama kakaknya dalam keterampilan berlayar, berenang, berkemah, olah raga dan lain-lainnya.

c. Baden Powell memiliki sifat yang sangat pintar, trampil, cerdas, sangat lucu, suka main musik, bersandiwara, berolah raga, mengarang dan menggambar sehingga disukai teman-temannya.

d. Pengalaman di India sebagai pembantu Letnan pada Resimen 13 Kavaleri yang berhasil mengikuti jejak kuda yang hilang di puncak gunung serta keberhasilan melatih panca indera kepada Kimball O’Hara.

e. Terkepung bangsa Boer di kota Mafeking, Afrika Selatan selama 127 hari dan kekurangan makan.

f. Pengalaman mengalahkan Kerajaan Zulu di Afrika dan mengambil kalung manik kayu milik Raja Dinizulu.

Pengalaman ini ditulis dalam buku “Aids To Scouting” yang merupakan petunjuk bagi Tentara muda Inggris agar dapat melaksanakan tugas penyelidik dengan baik. William Smyth seorang pimpinan Boys Brigade di Inggris minta agar Baden Powell melatih anggotanya sesuai dengan pengalaman beliau itu.

Kemudian dipanggil 21 pemuda dari Boys Brigade di berbagai wilayah Inggris, diajak berkemah dan berlatih di pulau Browns Sea pada tanggal 25 Juli 1907 selama 8 hari.

Tahun 1910 BP pensiun dari tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jenderal. Pada tahun 1912 menikah dengan Ovale St. Clair Soames dan dianugerahi 3 orang anak. Beliau mendapat titel Lord dari Raja George pada tahun 1929 Baden Powell meninggal tanggal 8 Januari 1941 di Nyeri, Kenya, Afrika.

Sejarah Kepramukaan Sedunia


Awal tahun 1908 Baden Powell menulis pengalamannya untuk acara latihan kepramukaan yang dirintisnya. Kumpulan tulisannya ini dibuat buku dengan judul “Scouting For Boys”. Buku ini cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian berdiri organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki dengan nama Boys Scout.

Tahun 1912 atas bantuan adik perempuan beliau, Agnes didirikan organisasi kepramukaan untuk wanita dengan nama Girl Guides yang kemudian diteruskan oleh istri beliau.

Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia siaga dengan nama CUB (anak serigala) dengan buku The Jungle Book karangan Rudyard Kipling sebagai pedoman kegiatannya. Buku ini bercerita tentang Mowgli si anak rimba yang dipelihara di hutan oleh induk serigala.

Tahun 1918 beliau membentuk Rover Scout bagi mereka yang telah berusia 17 tahun. Tahun 1922 beliau menerbitkan buku Rovering To Success (Mengembara Menuju Bahagia). Buku ini menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya menuju ke pantai bahagia.
Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Dunia yang pertama di Olympia Hall, London. Beliau mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

Tahun 1924 Jambore II di Ermelunden, Copenhagen, Denmark

Tahun 1929 Jambore III di Arrow Park, Birkenhead, Inggris

Tahun 1933 Jambore IV di Godollo, Budapest, Hongaria

Tahun 1937 Jambore V di Vogelenzang, Blomendaal, Belanda

Tahun 1947 Jambore VI di Moisson, Perancis

Tahun 1951 Jambore VII di Salz Kamergut, Austria

Tahun 1955 Jambore VIII di sutton Park, Sutton Coldfild, Inggris

Tahun 1959 Jambore IX di Makiling, Philipina

Tahun 1963 Jambore X di Marathon, Yunani

Tahun 1967 Jambore XI di Idaho, Amerika Serikat

Tahun 1971 Jambore XII di Asagiri, Jepang

Tahun 1975 Jambore XIII di Lillehammer, Norwegia

Tahun 1979 Jambore XIV di Neishaboor, Iran tetapi dibatalkan

Tahun 1983 Jambore XV di Kananaskis, Alberta, Kanada

Tahun 1987 Jambore XVI di Cataract Scout Park, Australia

Tahun 1991 Jambore XVII di Korea Selatan

Tahun 1995 Jambore XVIII di Belanda

Tahun 1999 Jambore XIX di Chili, Amerika Selatan

Tahun 2003 Jambore XX di Thailand

Tahun 2007 Jambore XXI di Hylands Park Inggris

Tahun 2011 Jambore XXII di Rikaby, Swedia

Tahun 15 Jambore XXIII di kirarahama, Jepang

Tahun 1914 beliau menulis petunjuk untuk kursus Pembina Pramuka dan baru dapat terlaksana tahun 1919. Dari sahabatnya yang bernama W.F. de Bois Maclarren, beliau mendapat sebidang tanah di Chingford yang kemudian digunakan sebagai tempat pendidikan Pembina Pramuka dengan nama Gilwell Park.

Tahun 1920 dibentuk Deewan Internasional dengan 9 orang anggota dan Biro Sekretariatnya di London, Inggris dan tahun 1958 Biro Kepramukaan sedunia dipindahkan dari London ke Ottawa Kanada. 

Tanggal 1 Mei 1968 Biro kepramukaan Sedunia dipindahkan lagi ke Geneva, Swiss. Sejak tahun 1920 sampai 19 Kepala Biro Kepramukaan Sedunia dipegang berturut-turut oleh Hebert Martin (Inggris). Kolonel J.S. Nilson (Inggris), Mayjen D.C. Spry (Kanada) yang pada tahun 1965 diganti oleh R.T. Lund 1 Mei 1968 diganti lagi oleh DR. Laszio Nagy sebagai Sekjen.

Biro Kepramukaan sedunia Putra mempunyai 5 kantor kawasan yaitu Costa Rica, Mesir, Philipina, Swiss dan Nigeria. Sedangkan Biro kepramukaan Sedunia Putri bermarkas di London dengan 5 kantor kawasan di Eropa, Asia Pasifik, Arab, Afrika dan Amerika Latin.

Demikianlah sedikit tulisan yang saya kutip dari buku pintas pramuka. Semoga bermanfaat bagi sahabat-sahabat saya yang membutuhkannya.

Popular posts from this blog

Itel P55 5G: Performa Kelas Atas untuk PUBG Mobile - Kaget gak, PUBG Mobile di Itel P55 5G sehalus sutra

Menaklukkan Arena Pertempuran dengan Itel P55 5G:  Hei para pendekar PUBG Mobile! Pernahkah kalian dihantui mimpi buruk ponsel lemot saat lagi asyik push rank? Frame drop yang brutal, sensor gyro delay, baterai cepet teuser habis, duh rasanya pengen banting HP langsung! Tenang, kawan, jaman sekarang udah beda. Hari ini, kita bakal bahas ponsel 5G gahar yang siap membawa kalian dominasi arena pertempuran: Itel P55 5G! Ingat gak dulu jaman ponsel gaming mahalnya selangit? Nah, kini Itel P55 5G hadir buat buktiin bahwa performa dewa nggak melulu kudu bikin dompet nangis. Dengan harga yang bersahabat, ponsel ini ngasih spek yang bikin ngiler: MediaTek Dimensity 6080 chipset, RAM 6GB, internal 128GB, dan baterai badak 5.000 mAh. Tapi tentu spek bagus doang gak cukup, kan? Makanya, kita langsung tes aja kemampuan si Itel P55 5G di medan perang sesungguhnya: PUBG Mobile! Jadi, siapin senjata kalian, helm level 3, dan fokus! Kita bakal kupas tuntas performa Itel P55 5G dalam menang

Kumpulan Lengkap Contoh Daftar Pustaka

Pada selembar halaman di belakang yang bersubjudul daftar pustaka itu merupakan bagian penting pada sebuah buku, laporan atau makalah. Untuk membuat sebuah daftar pustaka haruslah memiliki semacam panduan untuk di katakan sebuah daftar pustaka. Dengan adanya daftar pustaka kita dapat meninjau serta menelusuri lebih lanjut tentang penelitian alias tulisan seseorang untuk kemajuan ilmu pengetahuan. Panduan Menulis Daftar Pustaka yang Baik serta Benar Panduan penulisan daftar pustaka sangat berguna bagi penuntut ilmu untuk mengembangkan tugas agar segera diselesaikan. Seorang penuntut ilmu pasti bergelut yang namanya penulisan buku, laporan, makalah itu sebuah keharusan karena ilmu memiliki dampak yang sangat besar bagi pencarinya termasuk saya juga. Serta daftar pustaka harus kamu tulis sebagai bahan pustaka. Dan daftar pustaka wajib anda tulis sebagai bahan pustaka. Bahan pustaka tersebut dapat berupa buku cetak, karangan atau tulisan ilmiah milik orang lain, materi seminar atau

12 Cara Menemukan Alamat Email Seseorang dengan Tool Gratis

Mencari alamat email seseorang dan kamu hanya tahu nama saja tapi tidak dengan alamat emailnya, maka kita kamu sedang berada ditempat yang benar. Kita sering mengalaminya seperti ketika ingin menelpon seseorang karena urusan mendesak tapi tidak tahu maka kita akan meminta pertolongan baik itu kerabat atau teman. Maka dari itu kita akan membahas mengenai tool sederhana dan gratis agar mengetahui alamat email seseorang. Kami sedikit meluangkan waktu untuk mengumpulkan daftar tool gratis untuk kamu yang sedang mencari alamat email dengan tahu namanya saja. Baca juga Arsip Infografis Pada proyek hibernasi 1. Clearbit - Paling Akurat Pengcari Email Banyak perusahaan yang menggunakan tool ini sebagai salah satu bagian dari perusahaan. Kamu bisa memasangnya dengan Gmail iChrome extension dan menemukan alamat email hanya kurang dari lima detik. Secara akurat 97% menemukan alamat email yang sedang kamu cari-cari. Hanya mengetik nama atau perusahaan seseorang dengan tambahan peker